Senin, 04 Februari 2019

4 Tips untuk Menjaga Air Conditioner Anda tetap dalam kondisi prima


Salah satu hal yang paling membuat frustrasi adalah pendingin udara yang rusak, terutama di bulan-bulan musim panas. Namun, ada beberapa langkah perawatan DIY yang dapat Anda lakukan untuk menjaga unit Anda bekerja dengan benar.

Pertama, periksa apakah saringan udara bersih. Ini adalah salah satu tugas pemeliharaan AC termudah, tetapi seringkali menjadi penyebab banyak masalah. Di Amerika Serikat, banyak unit pendingin udara sentral akan memiliki filter baik di tungku itu sendiri atau di dalam lubang masuk di langit-langit atau dinding. Unit pendingin udara dan unit sistem split akan memiliki filter di unit itu sendiri. Kerangka waktu yang disarankan adalah membersihkan atau mengganti filter udara setiap 3 bulan. Jika Anda tinggal di daerah yang memiliki banyak paparan asap, partikel udara atau alergen, Anda mungkin perlu mengganti filter lebih cepat.

Kedua, pastikan untuk memeriksa bahwa termostat berfungsi dengan baik. Jika Anda memiliki termostat digital, baterai yang berfungsi sangat penting karena memberi daya pada unit. Sebagian besar unit digital akan ditampilkan di panel jika baterai hampir habis dan bahkan mengingatkan Anda kapan harus mengganti filter udara. Jika termostat berada di dalam unit itu sendiri, seperti pada unit jendela dan beberapa sistem tanpa saluran, periksa bahwa tidak ada penghalang atau puing yang memengaruhi sensor.

Ketiga, periksa kompresor luar apakah ada rumput, puing-puing, atau penghalang. Kadang-kadang, rumput dan puing-puing lainnya dapat masuk ke unit dan menghambat seberapa baik fungsinya. Sebagian besar unit luar dapat dibersihkan dengan selang air serta solusi khusus yang dapat dibeli di sebagian besar toko perangkat keras. Anda dapat memeriksa spesifikasi model Anda untuk lebih jelasnya. Ini juga berlaku untuk kompresor udara luar untuk jual ac floor standing daikin sistem split. Untuk jendela AC periksa bahwa bagian yang terbuka dari unit bebas dari puing-puing, sarang burung, dll.

Keempat, terutama ketika bekerja dengan pendingin udara sentral, penting untuk memeriksa bahwa kapasitas AC mampu mendinginkan atau memanaskan area. Banyak rumah dua lantai, misalnya, akan memiliki satu unit per cerita. Jika Anda baru saja pindah ke rumah baru, ini sangat penting untuk diperiksa. Jika kapasitas unit kurang dari yang dibutuhkan oleh rekaman persegi, unit akan bekerja lebih keras dan tidak mencapai hasil yang diinginkan. Dalam hal ini, Anda mungkin perlu menambahkan unit lain, misalnya unit jendela untuk ruangan tertentu, atau mengganti unit sekaligus yang bisa mahal.

Menjaga dan memperpanjang umur AC adalah sesuatu yang bisa dilakukan pemilik rumah. Dengan perawatan rutin, AC Anda akan bekerja dengan baik sepanjang tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar